Monthly Archives: June 2015

Misteri Kampus Misterius Indonesia 5

Misi selanjutnya tim kami mencoba menyelidiki kampus Universitas Pancasila yang ada di Jagakarsa.. Nama kampus ini sebenarnya ga ada yang aneh.. cuman berhubung namanya Universitas Pancasila, banyak masyarakat sekitar yang penasaran dengan kampus ini. Apakah USM alias Ujian Saringan Masuk ke kampus ini cuman tinggal menyebutkan isi Pancasila? Atau apakah kampus ini cuman ngebahas soal hal-hal ketatanegaraan dan PSPB aka Pendidikan Sejarah dan Perjuangan Bangsa saja? Ataukah memang kampus ini sengaja dibentuk untuk melestarikan kembali Penataran P4 aka Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang sudah lama hilang dari tanah air ini?

Nah kampus ini kalau disingkat menjadi UP, dari singkatan itulah kampus ini suka diplesetin menjadi Universitas Pertempuran atau Universitas Perang, karena menurut kabar berita yang beredar, mahasiswanya sering tawuran, baik antar fakultas ataupun dengan kampus yang ada di dekatnya yaitu kampus ISTN atau  Institut Sains dan Teknologi Nasional. Dan konon katanya duel antara dua kampus ini sudah seperti derby antara Manchester United versus Manchester City. Secara duel mereka bukan hanya terjadi di kawasan jagakarsa saja, tetapi saat bertemu di luar daerah situ juga pernah kejadian. Seperti pada saat pertandingan futsal antar universitas yang diadakan di Universitas Trisakti, di kawasan Grogol, di sana pun mereka sempat tawuran juga. Jadi memang pada prinsipnya sudah 11-12 sama pertandingan MU vs ManCit yang berduel sengit ga hanya di liga utama inggris alias Premier League saja, tetapi pas berlaga memperebutkan trofi yang lain pun, laga juga tetep panas bergairah, seperti perebutan trofi FA CUP, League Cup aka Capital One Cup, maupun ketika bertarung di Liga Champions aka Champions League, suasanananya malah tambah anget anget tai ayam, secara duo Manchester ini belum pernah bertemu di even Liga Champions…. #ngarep

premier league, liga primer, liga inggris, liga fa, fa cup, league cup

Manchester United vs Manchester City – Derby – Source

Duel Derby UP vs ISTN ini ibarat El clasico antara kampus Universitas Kristen Indonesia vs Universitas Persada Indonesia YAI di daerah Salemba yang walau banyak kampus-kampus lain disekitarnya, tetapi lebih memilih lawan yang itu-itu saja sebagai sparring partner. Secara de facto di kawasan Jagakarsa ini juga terdapat berjibun kampus-kampus yang cukup oke buat sahabat adu otot yang cukup seimbang.. Sebut saja Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Media Kreatif atau Polimedia, Institut Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jakarta atau IISIP, Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri atau disingkat STT Nurul FikriPoliteknik APP Jakarta alias Akademi Pimpinan Perusahaan,  Institut Bisnis & Informatika Kosgoro 1957 aka IBI-K57, STIKIM & STIKOM-Ima dan masih banyak kampus-kampus lain di sekitarnya dan di kawasan Depok yang nempel dengan wilayah tersebut. Maka dari itulah tim kami dengan penuh rasa nasionalisme yang berkobar berusaha menguak misteri yang ada di kampus ini…

Tim: Mas, misi mas mau interpiu
Mas: Boleh bang
Tim: Tumben mas ga ada pertandingan futsal
Mas: Iya nih bang lagi ga ada kompetisi
Tim: wah sayang yah, padahal lagi pengen liat orang tawuran
Mas: Heh? koq liat tawuran? liat tanding futsal kali bang?
Tim: Ah biasa juga abis maen bola, tawuran jugak…
Mas: Setan ente bangggg (#sambilmelengospergi)

Kemudian setelah itu perjalanan berlanjut ke kampus Universitas Sahid atau bisa disingkat Usahid, yang ada di kawasan Tebet. Singkatan dari kampus ini banyak bikin khalayak umum rancu. Apakah kampus ini asalnya dari USA, secara singkatannya kan Usahid gitu? Tapi koq namanya sahid yang Indonesia banget.. Dan Konon katanya karena lokasinya yang strategis, yang dekat dengan segitiga emas dan wilayah bisnis dan perekonomian terbesar di daerah Jakarta, maka kampus ini banyak diisi oleh simpanan-simpanan para pejabat dan pebisnis yang ada di daerah situ, begitu gosipnya. Oleh karena itu tim kami segera meluncur ke tekape untuk menguak misteri desas desus tak benar yang beredar di kalangan masyarakat…

Tim: Mas misi mas bentar mau nanya…
Mas: Boleh mas ada apa?
Tim: Ehm… gimana ya mas nanyanya.. gini mas simpanan gitu nyari di mana ya?
Mas: Ah gitu aja grogi masss.. di Bank donk… terpercaya…
Tim: Bukan simpanan itu mas… ini yang lebih sederhana…
Mas: oh koperasi maksud ente??
Tim: Waduh koq malah koprasi.. itu mas simpanan anu… yang ehem ehem…
Mas: Oh yang tersembunyi dan rahasia ya?
Tim: Iya iya masss iya yang itu (rasanya responden sudah mulai mengerti *dalamhati)
Mas: Mas ke belakang kampus ini aja, ada tuh kantor rentenir yang bisa minjemin modal STNK aja… banyak koq anak-anak yang minjem ke situ buat bayar kos-kosan…
Tim: ppffffff [#gondog]

Next stop tim kita pergi ke kampus Institut Bisnis dan Multimedia Asmi atau yang disingkat menjadi IBM Asmi yang ada di pulomas. Dulunya kampus Asmi ini bernama Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) yang kemudian melebur menjadi IBM Asmi bersama STIE Kampus Ungu. Yang tentunya keunikan kampus ini adalah dinding kampusnya bener-bener berwarna ungu, yang sangat unik dan susah ditemukan produk warna dinding kampus semacam ini di Indonesia. Nah karena dulu merupakan kampus pendidikan sekretari, maka banyak masyarakat beranggapan bahwa kampus Asmi ini banyak bertebaran bispak dan bisyar. Karena profesi sekretaris kan biasanya mengerucut pada cewek yang seksi, cantik dan bohay. Yang katanya kalau pagi kerja kantoran, malam nyambi di tempat hiburan. Makanya singkatan IBM Asmi suka diplesetin menjadi Institut Bispak Mandiri ataupun Institut Bisyar Mengelegar oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Dan karena nama Asmi itulah banyak masyarakat sekitar yang salah sangka bahwa kampus ini punyanya artis sinetron cantik blasteran Belanda, si Asmirandah, karena penamaannya yang mirip-mirip.. Oleh karena itu mengingat desas-desus sesat yang tak jelas sumbernya tersebut, tim kami pun segera terjun langsung ke tekape untuk membongkar info-info palsu yang beredar tersebut…

Tim: Misi mbak bentar… (mencegat mbak-mbak yang lagi jalan di kampus)
Mbak: Iya mas napa?
Tim: Mbak punya obeng? [#memancingconversation]
Mbak: waduh ga punyak mas…
Tim: Nah kalau nomer hape ada donk… [#modusberaksi]
Mbak: Banggg… bang.. ada yang gangguin eneng nih… (sambil memanggil pria kekar tatoan yang duduk bersama teman-temannya tak jauh dari tempat tim melakukan modus)
Abang: Heh napa loe? (segera datang bersama kawanannya)
Tim: Maaf bang, saya cuman nanya obeng, ini hape saya rusak, pengen saya bongkar…
Abang: Obeng pale LU ! Jangan nyari gara-gara lu disini, ganggu-ganggu cewek orang, pergi LU !!
Tim: Iya maaf bang, ga akan lagi bang….
Abang: Pergi loee setan…
Tim: Iya..ya bang.. Mari bang duluan.. [#krudipastikansafemalamini #emangnyaindonesianidol]

Target selanjutnya tim pergi ke kampus elit bertaraf internasional, Universitas Siswa Bangsa Internasional yang kalo disingkat menjadi USBI. Kampus USBI ini merupakan penggabungan kampus Sampoerna School of Education aka SSE dan Sampoerna School of Business aka SSB yang ada di Pancoran. Dilihat dari nama sebelum penggabungan sudah ketahuan bahwa kampus ini dibawah manajemen perusahaan apa. Nah menilik dari namanya yang baru sebenarnya terdengar cukup keren juga, tetapi melihat singkatannya yang mirip dengan perangkat asesoris komputer ini banyak masyarakat yang suka terjerumus, ini kampus apa tempat jualan laptop dan tablet.. Makanya tim kami pun segera melakukan survei terpadu untuk menyelidiki jejak-jejak asesoris perangkat keras komputer di kampus ini..

Tim: Bro, excuse me bro, i want to do quick interview.. (nyegat bule yang kuliah di sana)
Bro: Okay man, no problemo
Tim: Bisa speak bahasa bro?
Bro: Bisa aja tapi tidak terlalu bagus..
Tim: Oke jadi dengar bahasa bisa ya..
Bro: Bisa bisa aja men, ada masalah apa?
Tim: Ini bro mau nanya, si Haji lulung masih ngajar ga bro di sini?
Bro: Hah?? Haji Whattt??
Tim: Haji Lulung? Tanah Abang?? Pakar USB???
Bro: Hey man I didn’t get it,  what are you talking about.. (sembari tangannya melambai-lambai ke atas memanggil satpam kampus yang ada di dekat situ yang badannya berotot dan jadi dengan niat buat bantu nerjemahin si bule tersebut)
Tim: okayy mann no problemo that’s enough, the interview is done… [#ngacirsebelumketangkepsatpam]

haji lulung, preman tanah abang, ahok, gubernur

Gantungan kunci Haji Lulung – source

Perjalanan kemudian berlanjut ke kampus Universitas Nasional aka Unas yang ada di Pasar Minggu, yang menurut Wikipedia merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta dan merupakan perguruan tinggi kedua tertua di Indonesia. Dilihat dari singkatannya, banyak publik yang kecele karena mengira kampus ini masih berhubungan dengan seorang mantan ketua umum partai besar yang ada di Indonesia, yang tertangkap KPK karena kasus korupsi Wisma Atlet di Palembang, tapi tentu saja kampus ini tak ada hubungan sama sekali dengan doski. Kampus ini sering muncul di berbagai media surat kabar cetak maupun online yang ada di Indonesia, namun sayangnya karena kelakukan minus mahasiswanya, yaitu banyak mahasiswanya yang tertangkap karena membawa narkoba atau malah jadi pengedarnya. Bahkan Rektorat Universitas Nasional sampai melakukan sidak untuk menghentikan penyalahgunaan narkoba di dalam kampus. Oleh karena kejadian itu singkatan Unas jadi suka diplesetin oleh masyarakat menjadi Universitas ~N~ Spesialis ataupun Universitas paNASSSSsss. Tentu tim kami pun turun gunung untuk meng-clearkan segala permasalahan yang tak benar adanya yang ada di kampus tersebut…

Tim: Mas misi mas mau nanya..
Mas: Iya gimana coy?
Tim: Bisa pinjem bong ga mas?
Mas: Wah apa tuh mas bong? Seumur idup ane baru pertama kali denger ntuh kate?
Tim: Hah masa sih mas ga pernah denger kata-kata bong?
Mas: Iye mas sumpe ane.. beneerr daahhh.. sumpe…
Tim: Oh oke deh Mas gpp, nah kalo beli pipet tetes, kaca pirek, mancis obor, kompeng dan alumunium foil di mana ya deket sini?
Mas: Oh itu di kios belakang situ jual koq, murah cuy, bisa ketengan lagi… [#keceplosan #pastibukanmahasiswa #kayanyainisodaranyayangpunyakios]

Lalu perjalanan selanjutnya tim kita mampir ke kampus Kalbis Institute yang ada di Pulomas. Tentu melihat dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa Institut Kalbis ini ada hubungan dengan perusahaan Kalbe. Dan memang benar, institut ini ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kalbe, sebuah yayasan resmi dari PT Kalbe Farma Tbk yang merupakan perusahaan internasional yang memproduksi farmasi , suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan. Di mana Kalbis Institute ini dulunya merupakan gabungan dari STMIK Supra yang ada di Slipi dan Kelapa Gading dan STIE Supra yang ada di daerah Slipi. Nah distorsi nama Kalbe menjadi Kalbis ini suka memicu pengertian ganda di tengah masyarakat awam, apalagi yang belum mengenal perusahaan farmasi tersebut. Seperti ada yang mengira Kalbis Institute ini adalah sebuah perusahaan bis dengan tujuan Jakarta – Kalimantan, alias trans-kalimantan, wong namanya ada bis-bisnya gitu… Yang nyeleneh lagi ada yang mengira ini kampus khusus penanaman dan pengembangan budidaya tumbuhan kubis aka kobis atau kol, orang nama kampusnya nyerempet-nyerempet gitu… So tim penyelidik kita segera bablas langsung ke sini untuk mengusir segala angin gosip yang tak menentu…

Tim: Mbak misi mbak mau nanya…
Mbak: Iya kak nanya ajah…
Tim: Cabe sekilo berapa yah mbak sekarang?
Mbak: Sekitar 35an gitu deh kalo ga salah
Tim: Oh kalo kubis berapa ya?
Mbak: Mmm.. bisa lima rebuan sih tergantung belinya di mana…
Tim: Oh gitu ya…
Mbak: Emang kenapa sih kak nanya-nanya gitu?
Tim: Engga ini mau nanya personal benernya.. soal hati adek…. mmm kalo per-kilonya…. bisa ga kakak bayar pakek cinta… [#modus]
Mbak: ahh.. [#kagetplusshock #tapilangsungklepekklepek]

Tak ketinggalan kita juga menelusuri sebuah kampus di daerah BSD City, Serpong, kampus International University Liaison Indonesia yang bisa disingkat menjadi IULI alias yuli… Tentu saja mentang-mentang kalo dibaca menjadi yuli, tapi kampus ini bukan adeknya ataupun ada sangkut pautnya dengan kampus yuji aka Gundar. Nah kampus bertaraf internasional ini ga ada masalah dengan singkatan-singkatannya tersebut, tapi malah bermasalah dengan nama Liaison-nya.. Secara masyarakat sekitar ketika mendengar Liaison jadi langsung kepikiran sama Lia Eden yang lagi jadi fenomena tersendiri di Indonesia. Secara doski si Lia suka ngomentarin hal-hal yang terjadi secara absurd dan kontroversial. Seperti fenomena bunyi terompet sangkakala yang lagi heboh di Youtube kemarin, si Lia malah ngomen bahwa itu bunyi berasal dari malaikat yang pakai amplifier. Sangat anti mainstream bukan komenannya?? Meski ga dijelaskan juga merek amplifier apa yang digunakan oleh malaikat-malaikat tersebut. Nah Liaison yang di dalam bahasa inggris kalau diterjemahkan berarti penghubung, tapi buat yang baca sekilas, terlihat seperti Lia’s Son.. alias anak laki-lakinya Lia. Nah di sini Lia mana lagi yang populer selain doski Lia Eden? Apa mungkin Lia Enes? Seorang artis penyanyi ventriloquist, yang bisa berbicara tanpa menggerakkan bibir, yang cukup populer di tahun 90an bersama dengan bonekanya Suzan yang lucu dan gemesin. Tentu ketika jaman sudah menginjak masa millenium, abad juga sudah berubah jadi baru, Lia Edenlah yang lebih populer, tapi entahlah. Dan apakah memang benar kasak-kusuk yang menyebar di masyarakat ini benar adanya??? Lia Eden apa Lia Enes??? Tim kamipun akhirnya dengan sigap turun ke tkp untuk menyelidikki kebenarannya dan menguak rahasia-rahasia yang belum diketahui oleh publik dan khalayak umum…

Tim: Miss, excuse me, can i ask something.. (dapet responden bule lagi)
Miss: Ok.. come on..
Tim: Have you ever heard Suzan doll here in Indonesia?
Miss: Oh? Is that a horror movie doll? like Tiffany? The Chucky’s Bride?
Tim: No.. no.. it’s for kids miss..
Miss: mmm… is that looks like Monster High Dolls?
Tim: No miss.. it’s cuter and pretty enough…
Miss: Ohh.. I see.. so it’s like Barbie dolls?
Tim: No, no, no… not that so cute… it’s between barbie and tiffany…
Miss: Ok I got it.. so it must be Annabelle… [#disertaisenyumkemenangan]
Tim: prettttttttt pretttt pret misss… [#mendinggausajawabkalogangerti #stressmendadak #galau]

boneka setan, boneka horor

Tiffany Doll – Bride of Chucky

To Be Continued…

Misteri Kampus Misterius Indonesia 6

See Also
Misteri Kampus Misterius Indonesia 1
Misteri Kampus Misterius Indonesia 2
Misteri Kampus Misterius Indonesia 3
Misteri Kampus Misterius Indonesia 4

related posts:

Buku Puisi Lucu


Blog
Puisi Misteri
Puisi Fenomena
Puisi Sex

Published: June 14, 2015 | Comments: Comments

%d bloggers like this: