Misteri Kampus Misterius Indonesia 4

Setelah itu penyelidikan kita lanjutkan ke kampus Institut Pertanian Bogor atau IPB yang sudah pasti tentu ada di Bogor. Di mana kampus ini dalam bahasa inggrisnya diterjemahkan menjadi Bogor Agricultural University atau kalo disingkat menjadi BAU. Nah anehnya kenapa dalam bahasa inggrisnya koq tidak menjadi Bogor Agricultural Institute??? Apa memang kuliah di sini seBAU yang diceritakan di dalam bahasa inggrisnya? Kemudian permasalahan kampus IPB tersebut tak hanya berhenti di situ. Meski bernama Institut Pertanian, tapi di sini jurusannya bukan hanya saja berkutat di ranah pertanian doank, di mana di sini juga terdapat fakultas ekonomi dan manajemen, serta tak ketinggalan fakultas MIPA. Udah gitu yang memang lulusan bidang pertaniannya pun, konon katanya kerjanya bisa masuk profesi macem-macem, ada yang kerja di perbankan, tempat fitness, ada juga yang kerja jadi programmer. Oleh karena itulah IPB ini sering diplesetkan menjadi Institut Pleksibel Banget. Makanya kali ini tim kami ditugaskan untuk menyelidiki secara tuntas tassss, lewat interview ilmiah terapan..¬† untuk membongkar segala permasalahan yang ada di kampus ini…

Tim: Mas nanti lulus mau tani di mana?
Mas: Alay loe bro, gue jurusan Akuntansi koq… (#nyengir)
Tim: Wah cocok tuh bro ilmunya buat ngitung hasil panen
Mas: ALaayyy alayyyy (#dongkol)

Selanjutnya kita menyambangi kampus Universitas Pamulang yang disingkat Unpam yang sudah pasti ada di Pamulang. Konon katanya Universitas Pamulang ini didirikan oleh pendirinya untuk membantu kalangan-kalangan ekonomi lemah ke bawah agar bisa kuliah. So sudah pasti kuliah di sini bayarnya sangatlah murah. Sehingga beredar plesetan bahwa kampus Unpam ini kepanjangannya adalah Universitas Paling Murah… Yang mana kenyataannya memang kuliah di sini biayanya murmer per semester, apalagi kalau sampai dibandingkan dengan biaya kuliah di UPH, so pasti sangatlah jomplang. Nah dari sini juga muncul plesetan bahwa singkatan Unpam itu adalah Universitas Pelita Arap Maklum, alias UPH versi kw-nya.. Untuk itulah tim kami datang ke kampus ini untuk mengupas misteri unpam yang penuh misteri.. Sesuai dengan kepanjangan plesetan Unpam yang lain… Universitas Paling Misterius… mari…

Tim: Mbak misi mbak
Mbak-mbak: Iya mas kenapa?
Tim: Mbak air ledeng daerah saya koq akhir-akhir ini suka kotor ya?
Mbak: Lho koq lapornya ke saya mas? langung ke penjaga mata airnya aja?
Tim: Lho emang saya tinggal di gunung? koq pake mata air?
Mbak: Ya abis mas aneh-aneh, saya kan mahasiswa, koq dilaporin air ledeng…
Tim: Lho ini kampus kan masih satu perusaaan ama PAM Perusahaan Air Minum itu kan? Unpam kann???
Mbak: O halah dasar orang gununggg.. sana balik gunung sanaaa… (#kecut)

Kemudian misi kita lanjutkan ke kampus Universitas Pembangunan Jaya atau biasa disingkat UPJ yang ada di Bintaro, Tangerang Selatan. Nah di sini kerancuan masyarakat seringkali terjadi, di mana dilihat dari nama kampusnya yang berhubungan dengan bangun membangun, dikirain bahwa ini kampus untuk mencetak kontraktor ataupun tukang bangunan, atau paling tidak tukang perbaikin genteng. Yang tentu semua anggapan konyol yang berhembus di tengah masyarakat ini tentu salah kaprah, secara Universitas Pembangunan Jaya ini adalah kampus terpadu yang didirikan oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya, yang mana merupakan pengembang perumahan Bintaro Jaya, lewat anak perusahaannya PT. Jaya Real Property. Makanya jurusan yang ada di sini ga melulu soal teknik sipil dan arsitektur saja, tetapi juga tersedia jurusan ilmu manajemen, akuntansi, DKV atau Desain Komunikasi Visual, ilmu komunikasi, teknik informatika dan masih banyak yang lainnya. Di sini tim kami pun diterjunkan untuk meluruskan apa yang belum lurus yang tersebar di tengah-tengah masyarakat… Mari kita simak interview rahasia kru kami di tekape…

Tim: Mas habis lulus ke India donk?
Mas: Lho? koq bisa?
Tim: Iya, mas mahasiswa sini kan?
Mas: Ya sih, emangnya lagi ada program ke India di sini?
Tim: Lho mas ga tau?
Mas: Baru denger gue.. emang program apa?
Tim: Itu Jaya… jaya… jaya… (#sambilgoyangnorman)
Mas: Chaiyya chaiyya itu coyyyy (#emosi)

goyang india

Goyang Chaiyya Chaiyya oleh Norman Kamaru -youtube

Lalu target kita bidik ke kampus Universitas Paramadina… Di mana konon katanya universitas ini para mahasiswanya banyak yang berprofesi artis alias menurut kabar yang beredar ini adalah kampus artis. Jadi daripada ke studio trans 7 ataupun acaranya dahsyat untuk menemui artis-artis idolamu, mending kamu ke Universitas Paramadina aja. Begitulah rumor yang beredar di tengah masyarakat.. Bahkan ada warga sekitar yang sempat bingung karena saking banyaknya artis yang kuliah di sini, ini tempat kursus pelatihan artis apa manajemen agen artis… So paling tidak dengan banyaknya artis-artis di sini paling tidak kamu tahu bahwa untuk bisa lulus di sini juga ga sesusah seperti dalam mencapai kepopuleran keartisannya.. Jadi ayo buruan daftar di sini…. Nah tapi sebelum itu tentu kamu harus tahu kesahihannya lewat penyelidikan tim kami, apakah desas-desus tentang kampus ini yang beredar di masyarakat itu benar adanya…

Tim: Mbak.. mbak.. bentar…
Mbak: Kenapa mas? Ada masalah?
Tim: Mbak artis ya??
Mbak: Astafirullah alazimmm.. koq mas tau?
Tim: Yoi tuh ada 2 kameramen ngikutin mbak…
Mbak: hehehe.. ehm.. iya nih mas, aku lagi suting reality show…
Tim: Aha.. acara gosip ya mbak?
Mbak: Bukan mas, acara investigasi koq, menelusuri jejak ayam kampus…
Tim: mmm.. ayamnya dibakar apa digoreng mbak?
Mbak: DI KUKUS MAS DI KUKUS !!! (#tibatibabete)

ayam kampus seksi

Ilustrasi ayam kampus seksi… -google

After that kita capcus ke kampus fenomenal sejuta tempat Akademi BSI aka Bina Sarana Informatika yang legendaris. Kampus BSI ini sangatlah banyak yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari¬† Jakarta Pusat, Depok, Bekasi, Tangerang, Cimone, Bandung, Purwokerto sampai Purworejo. Fenomenalnya kampus ini tentu saja di iklannya, karena kampus ini sering menggunakan tokoh-tokoh kw di media iklan promosi mereka. Seperti tokoh Obama palsu asli Indonesia yang bernama Ilham Anas sampai ke Jokowi kw2 yang aslinya bernama Reza. Tentu penggunaan tokoh-tokoh palsu ini memudahkan masyarakat untuk mengingat iklan BSI. Tapi minusnya beredar juga info miring di tengah-tengah masyarakat, nah kalo iklannya aja pakai yang palsu apakah nanti ijazahnya juga kawe? Cuman BSI dan WEWE aja yang tahu… Oleh karena itulah tim Mistis kami pun kali ini diterjunkan langsung untuk mengusut tuntas tas tas.. permasalahan wewe itu… eh permasalahan kawe tersebut..

Tim: Mbak, boleh lihat ijazahnya? (datang pas pesta wisuda)
Mbak: Boleh nih, lihat aja…
Tim: Iya ya mbak, tapi apa ini asli ijazahnya?
Mbak: Ya aseli donk… ini aja masih wangi bapak rektornya..
Tim: Wah tapi katanya yang asli kalo dibakar ga apa-apa tuh ijazahnya…
Mbak: Maksudnye?
Tim: Boleh kita bakar untuk membuktikan keasliannya?
Mbak: Loe pikir ijazah gue dari batu akik apa !!! (#darahmulainaik)

Habis itu kita pergi ke kampus Tanri Abeng University atau bisa disingkat menjadi TAU yang ada di Ulujami, Jakarta Selatan. Nah singkatannya inilah yang kadang suka disalah artikan oleh berbagai lapisan masyarakat, seperti ada yang mengira TAU ini adalah Tanah Abang University, yang punya jurusan distributor, grosir, partai, dropship, maupun eceran… Ada juga yang mengira ini kampus khusus pembuatan tahu dan tempe, karena namanya bener-bener mirip makanan tradisional khas Indonesia tersebut… Tim kami pun segera ke kampus Universitas Tanri Abeng ini untuk menyingkap tabir gosip yang tak jelas tersebut… Karena kampus TAU yang ada di daerah Pesanggrahan ini bukan daerah yang dikuasai tim kami, maka salah satu kru turun dari mobil untuk menanyakan kepada bapak-bapak tukang tambal ban yang ada di daerah tersebut…

Tim: Pak misi pak, Universitas TAU tahu ga pak?
Bapak: Ya tau…
Tim: Ya pak?
Bapak: Iya itu tempat mahasiswa menuntut ilmu…
Tim: Hah?
Bapak: Lho emangnya adek ga tau?
Tim: Hahhh??
Bapak: Adek kayaknya bukan anak kuliahan deh, masa universitas aja ga tau..
Tim: sok tau luuu pakk (#dalematitapingomongnya #gondog #gajadinanyalagi)

Dan tak ketinggalan kita ngesot ke kampus Institut Kesenian Jakarta atau biasa disingkat menjadi IKJ yang ada di Cikini Raya. Konon katanya dari desas-desus yang beredar dinding-dinding di kampus IKJ penuh dengan coretan-coretan dan gambar-gambar yang menimbulkan suasana kumuh, serta mahasiswanya yang katanya seniman, kalo ke kampus pakaiannya seadanya dan terkesan gembel, udah gitu kelasnya kadang suka ada kasur, karena mahasiswanya suka bobok di kampus… Makanya seringkali IKJ ini diplesetkan menjadi Institut Kumuh Jakarta, Institut Komedi Jakarta, Institut Kasur Jakarta, ataupun Institut Kelainan Jiwa.. Tapi meskipun begitu banyak juga mahasiswanya yang sukses jadi artis maupun jadi sutradara terkenal… Nah untuk membersihkan gosip tak jelas tentang keadaan menyimpang itulah, tim kami segera menerjunkan beberapa kru untuk menginvestigasi masalah-masalah yang ada di sana…

Tim: Mas.. misi mas.. mau interview… (datang tengah malam)
Mas-mas: Zzzz… Grookk.. grook….
Tim: Mass…. haloooo…. (sambil mengetok pintu)
Mas-mas: grooooooookkkk….
Tim: Walah pada bobok gini smua gimana wawancara nih… (#gregetan)
Assalamu’alaikum mass…. (#masihmencoba)
Tiba-tiba terdengar suara berat dari belakang tim: Wa’alaikumsalam…
Tim: Aaahhh.. akhirnya ada yang bangunnn… (#bersyukur)
Dan ketika tim nengok ke belakang, ternyata ga ada orang…
(#ngibritlangsungkeparkiran #gaakanlagiinterviewmalem2)

hantu ikj, setan ikj

Ilustrasi penampakan.. -slodive

To Be Continued…
Misteri Kampus Misterius Indonesia 5

See Also
Misteri Kampus Misterius Indonesia 1
Misteri Kampus Misterius Indonesia 2
Misteri Kampus Misterius Indonesia 3

related posts:

Buku Puisi Lucu


Blog
Puisi Misteri
Puisi Profesi
Puisi Fenomena

%d bloggers like this: