Misteri Kampus Misterius Indonesia

Tim Pendidikan, Edukasi, Calistung dan Ilmu Pengetahuan kami kali ini akan menyelidiki misteri di balik nama kampus-kampus misterius yang cukup bikin rancu dan menimbulkan ambiguitas alias ketika orang melihat dan mengetahui nama kampusnya, mereka akan punya pikiran lain terhadap kampus tersebut, karena namanya yang membingungkan.

Pertama-tama tentunya kita masih ingat kasus hangat panas Jakarta membara, tentang seorang mahasiswi sebuah kampus yang ada di jalan Hang Lekir, bernama Maharani Suciyani. Si cewek manis cantik lagi bohay ini tertangkap basah, basah, basah di sebuah kamar hotel Le Meridien, bersama dengan seorang petinggi partai ketika lagi digrebek oleh petugas KPK dalam kasus kuota impor daging sapi yang fenomenal. Uniknya ketika si gadis imut ini diperiksa ada uang kontan 10 juta di dompetnya, dan ketika si gadis di interogasi dan ditanya bilangnya ini adalah uang pemberian si petinggi partai tersebut sebagai uang kenalan dan ga ada sangkut pautnya dengan aksi bayar-membayar untuk sebuah servis plus-plus. Ahhhhhh baekkk bangett gini ommmnyaaaa…. Mauu dunkk ommm nnnalannn…. #siapataucocok #eaaaa

Konon katanya si mahasiswi ini kuliah di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), nah tentu saja kata-kata yang berada dalam kurung tersebut akan bikin orang penasaran dan mempertanyakan ini arti sebenarnya apa. Apakah ini kampus cuman punya jurusan kuliah agama? Atau kampus ini punya jurusan lain, semisal jurusan perhotelan mungkin, secara koq mahasiswinya bisa kegep ada di hotel? Lalu apa kampus ini juga mau menerima orang atheis? Tentu pertanyaan-pertanyaan ini sering menghantui orang-orang yang tak sengaja lewat dan melihat nama kampus ini. Apalagi selain kasus mahasiswi dan kata di dalam kurung itu, ada juga desas-desus tidak enak yang bergunjing di tengah masyarakat, yaitu bahwa kampus ini sering dikira parkiran kampus Binus Internasional yang terletak tepat di sampingnya, secara gedung kampus Binus Internasional itu memang lebih megah dan lebih ngejreng dibandingkan kampus Universitas Moestopo Beragama ini.

bina nusantara

Kampus Binus Internasional Joseph Wibowo Center Hanglekir –source

Tim kami pun segera ke sana menyelidiki kebenaran misteri gonjang-ganjing kampus ini. Dan berikut petikan wawancara tim independen kami dengan salah seorang mahasiswanya yang kebetulan lagi makan mi ayam di meong, sebuah tongkrongan rakyat legendaris anak-anak kampus di sini.

Tim: Bro dari kabar gosip yang beredar, kampus kamu sekaligus merangkap parkiran Binus ya?
Bro: Kampret ente gan (sambil terus menyantap mi ayamnya)
Tim: Jadi itu benar bro?
Bro: Sekalian buat mes-mes-annya satpam Binus Chooyy (#dongkol).

Kemudian tim kami beralih ke sebuah kampus yang bernama UKI alias Universitas Kristen Indonesia di kampus Salemba yang bersebelahan dengan Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia atau biasa disebut Universitas Persada Indonesia YAI atau UPI YAI. Nah berbeda dengan kampus Universitas Kristen Indonesia di Kramat Jati, Cawang, mahasiswa UKI Kampus Salemba ini katanya sering banget tawuran ama anak-anak kampus UPI YAI, sampai-sampai banyak yang membandingkan tawuran dua seteru abadi ini mirip dengan pertarungan akbar el classico di La Liga, sebuah pertarungan klasik antara FC Barcelona dan C.F. Real Madrid di Liga Spanyol.

Padahal di daerah salemba tersebut, universitas bukan cuman dua biji saja, tapi di sekitar kampus hobi derby adu otot tersebut terdapat banyak kampus-kampus lain, seperti di seberang kampus el clasico tersebut ada kampus Universitas negeri ternama, kampus Universitas Indonesia, yang didominasi fakultas kedokteran, lalu ada kampus STIE & STMIK Jayakarta juga di belakangnya, tak ketinggalan kampus Universitas Gunadarma, kampus Universitas Budi Luhur, kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus atau bisa disingkat STIK Sint Carolus, serta beberapa kampus BSI aka Bina Sarana Informatika yang ada di dekatnya. Belum ditambah beberapa kampus yang tak jauh dari wilayah Salemba seperti Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Iblam atau STIH Iblam yang ada di jalan Kramat Raya, Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia atau STTI yang ada di jalan Matraman, Universitas Muhammadiyah Prof.. Dr. Hamka atau disingkat Uhamka yang ada di Matraman juga, kampus Universitas Bung Karno atau UBK yang ada di jalan Pegangsaan Timur, serta kampus Universitas Pancasila yang ada di jalan Borobudur. See… banyak pilihan kan sebenarnya buat sparring partner?

Nah berdasarkan kabar angin, karena suka show el clasico, tawuran, dan juga demo, singkatan UKI suka diplesetkan menjadi Universitas Kah Ini oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab. Tim kami pun segera melakukan wawancara mendalam di tekape untuk mengetahui kebenarannya. Dan karena tim kami datangnya pas jam makan siang, maka kami pun akhirnya melakukan interogasi di kantin, sekalian untuk maksi juga.

Tim: Mas katanya ini Universitas?
Mas-mas: Walah bung ini cuman warung ketoprak nih, kalo kampusnya jalan aja lurus lalu belok kanan terus lurus ntar ke kiri lagi, ketemu dah…
(#gondok, rupanya kita salah masuk kantin, tapi untung mas-mas yang punya lapak ketopraknya baek, ngasi tau jalan yang bener ke kampus).

Pas udah sampai kampus tkp kita pun segera menanyai mahasiswa yang ada di situ…
Tim: Halo mas misi…
Mas-mas: Ya nape?
Tim: Kuliah mas?
Mas-mas: Ya kenape nanya?
Tim: Tumben ga tawuran mas? (#sambilambillangkahseribu)
Mas-mas: Setannnnnnn… (#masihterdengarteriakannyadarikejauhan)

Lalu berikutnya tim kami mencoba menyelidiki kampus megah elit Universitas Pelita Harapan di Karawaci, Tangerang, yang biasa disingkat UPH. Dan konon katanya karena harga biaya kuliahnya yang mahal, maka kata-kata UPH ini suka diplesetkan menjadi Universitas Penguras Harta ataupun Uang Papa Habis, tentu saja habis karena untuk membayar biaya pengembangan semester serta segepok sks-sks anaknya yang tak kunjung habis-habis. Kali ini Tim kami memutuskan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel, maka kami pun berusaha mengambil sampel data dari orang-orang yang terlihat tua, alias mahasiswa setengah abadi aka bangkotan di kampus ini, agar data yang diperoleh benar-benar akurat, apakah benar kampus Pelita Harapan University ini secara nyata de facto dan de jure menghabiskan uang dan harta keluarga…

uph karawaci tangerang lippo

Universitas Pelita Harapan Karawaci –source

Tim: Koh, maaf ko mau wawancara bentar…
Kokoh: Ya ?
Tim: Uang Papamu sudah habis?
Kokoh: Saya Papanya anak saya yang kuliah di sini, kalo Papa saya sih udah mati lama..
Tim: Maaf koh, maaf… (#kaburr)

Setelah itu target kami adalah kampus Universitas Gunadarma yang biasa disingkat UG atau kalo dieja dengan bahasa inggris menjadi yuji ataupun kadang cukup dipanggil dengan Gundar, yang kampusnya tersebar di berbagai lokasi dari kampus A sampai kampus Z… Dan bukan masalah pengejaan yuji-nya, yang kadang suka diplesetin yuk ngaji, ataupun yuk uji nyali… Tapi nama kampus ini seharusnya disingkat menjadi UGD alias Universitas Guna Darma.. tapi koq malah menjadi YuJi, jadi kalo mo diceng’in aka diledek sekaligus diplesetin kan susah sama kita-kita… Seperti kalau disingkat UGD, kan bisa diledekin jadi Universitas Gawat Darurat, atau Universitas Galau Dahsyat. Oleh karena itu tim kami pun segera mengirim para kru terlatih untuk mencari narasumber dan medium yang kredibel di lokasi uji nyali.. eh di kampus YuJi… untuk membuktikkan kebenarannya…

Tim: mas, ini kampus apa rumah sakit
Mas: Ente ngeledek bro?
Tim: Maksud mas?
Mas: Ente terusin ente bakal berakhir beneran di rumah sakit..
Tim: Damai aja yuk mas.. misiii..
Mas: Mari

Selanjutnya tim kami mengunjungi kampus Universitas Mercu Buana yang biasa disingkat menjadi UMB yang berlokasi di Meruya. Gokilnya, karena singkatannya kampus ini suka diplesetin menjadi Universitas Mangga Besar, di mana mangga besar sendiri adalah suatu lokasi di mana banyak spa-spa, shiatsu, hotel mesum, pole dance, striptease dan panti pijat plus-plus bertebaran. So tentunya ga enak banget, kalau masyarakat pikir yang kuliah di Universitas Mercu Buana ini nanti kalau lulus bakal bekerja di daerah mangga besar aka mabes… Maka tim kami pun akan berusaha menguak kebenarannya untuk para pemirsa pecinta kisah birahi dan cerita cerita seru ccs bb17 sekalian…

pijat plus plus esek esek

Ilustrasi Spa Pijat Plus Plus Mangga Besar –source

Tim: Bang hari ini yang available apa..
Mas: Mau yang short time apa long time..
Tim: Lho kampus ini juga sedia Bang?
Mas: Lho? Maksud situ apa nih?
Tim: Sedia pijat plus-plus dan ayam kampus beneran bang? Koq pake short time-short time segala?
Mas: Lho ini kan parkiran liar? Ente parkir sampe sore di sini kita kenain tarif long time, ente cuman satu mata kuliah kita kasi short time.. (rupanya doski yang kita wawancara adalah abang tukang parkir liar yang ada di sekitar kampus UMB.. #salahresponden)

Then kita sempatin juga mampir ke kampus Untar alias Universitas Tarumanagara yang ada di Grogol, di samping Universitas Trisakti, yang konon karena ketimpangan bangunan Untar yang lebih megah, maka kampus Univeritas Trisakti suka diledek menjadi parkiran Untar juga kaya seperti kasus Universitas Moestopo sebagai parkiran Binus. Sedangkan kalo Untar sendiri sering di olok-olok menjadi Universitas Tak mau Rugi, Universitas Entar ataupun Universitas Terlantar. Maka tim kami pun segera ke lokasi untuk membongkar kebenarannya… Bongkarrr.. bongkarr.. bongkar… untuk anda cmwah di sini…..

Tim: Mbak misi
Mbak: Ya kenapa mas
Tim: Maju dikit donk
Mbak: Okee..
Tim: Sip Mundur dikit lagi aja..
Mbak: Ok…
Tim: Eh Maju lagi deh..
Mbak: Eh mas mau ngerjain ya?
Tim: Lho ini kampusnya Syahrini kan?
Mbak: Astaga, kok bisa?
Tim: Ini kan Universitas CETAR, buktinya saya koq cetar-cetar gitu tadi pas lihat kamyu…
Mbak: ahhhh.. (#luluh)

Dan kemudian tim kami berusaha mengungkap misteri di kampus Universitas Mpu Tantular yang ada di Cipinang Besar, Jatinegara. Dari namanya berbau seperti penyair ternama di jaman Majapahit, yang mengarang syair Kakawin Sutasoma dan kakawin Arjunawiwaha. Nah masyarakat di Indonesia, biasanya mengasosiasikan gelar Mpu atau Empu ini dengan sebuah keris, karena julukan mpu ini memang merupakan gelar Nusantara asli yang biasanya identik dengan istilah untuk profesi pembuat keris, meski sebenarnya arti mpu sendiri ini bisa bermakna penguasa, majikan atau pemilik. So jadi pada kenyataannya ga ada yang namanya keris Mpu Tantular… Di mana yang ada hanya keris Mpu Gandring, seorang tokoh dari kerajaan Singosari. Di mana konon katanya kerisnya mampu menewaskan Ken Arok dan Tunggul Ametung yang sakti mandraguna. Nah, tim kami pun segera mendatangi kampus Universitas Mpu Tantular tersebut untuk melakukan survei tapi tanpa melakukan quick count untuk mendapatkan variabel data yang maksimal tentang penyelidikan kampus misterius di Jakarta dan sekitarnya…

Tim: Misi mas, misi mbak, mau tanya nih
Mas2 & Mbak2: Monggo mas
Tim: Gini mas, mbak, di sini ada jurusan kuliah lain selain buat keris ga?
Mas: Buat puisi mas..
Mbak: Iya puisi misteri, puisi cinta, puisi romantis, puisi lucu, puisi nyeleneh, puisi gokil,  puisi politik, dan puisi galau
Tim: Hm, koq kaya situs misteri dan nyeleneh kita ya foentry.com…
Mbak: Lho bukannya tadi ente sendiri yang kasi ceban-ceban ke kita, buat ngomong kayak gitu?
Tim: Ssshhhh.. off the record ini…

To Be Continued…

Misteri Kampus Misterius Indonesia 2

 

related posts:

Buku Puisi Lucu


Blog
Puisi Misteri
Puisi Kebudayaan
Puisi Sex

%d bloggers like this: