Merah Putih Kepala Suku Piningit

Merah Putih Kepala Suku Piningit

Aku seorang pengusaha mebel
Bisa dipanggil mas, pakde, paklik, ataupun uncle
Jualan furniture segala macem mulai dari meja, sofa, lemari, sampai cobek dan ulegan sambel
Tak ketinggalan asesorisnya kayak bantal, guling, seprei sampai bed cover
Tapi jangan nekat kamu disini nanya apa aku ada jual behel
Loe pikir gue ahli pasang gigi ape, sekalian aja lu nanya apa gue jual amandel

Entah kenapa aku beralih haluan ke politik
Mungkin panggilan Tuhan untuk menyelamatkan rakyat kecil yang hidup susah dan tercekik
Serta memberantas tikus tikus pemerintahan yang lagi berdansa asyik
Sudah saatnya aku membebaskan negara ini dari segala hal syirik
Mulai dari yang hobi korupsi, kolusi, sampai modus culik menculik

Badanku boleh kurus kering
Tapi ketika lagi kerja, aku udah kaya The Rock, Undertaker atau Chris Jericho yang lagi beraksi di ring
Bukan berarti aku hobi ngunci kaki, melintir tangan, sampai banting-banting
Disini berarti bahwa semangatku total demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat itu yang paling terpenting
Kamu lihat ketika para pejabat sibuk makan pizza, lasagna, dan fettucini, di sisi lain rakyat masih banyak yang makan nasi aking
Dimana rakyat masih sibuk urusan isi perut, para pejabat malah sibuk ngurus isi ranjang dan resleting

Aku doyan blusukan
Meski bukan sedang nyari kayu buat dijual ataupun dibikin furniture sesuai pesanan
Bukan juga lagi nyari job atau iseng nyari orderan
Ga juga lagi nyari pembantu buat dimasukin yayasan
Ataupun buat sekedar melepas suasana penat di kantor dengan metode kelayapan serta keluyuran
Ini aku lagi menunaikan tugas sebagai seorang pengemban amanat rakyat dan sebagai seorang pimpinan
Mengetahui permasalahan rakyat lebih dekat dan bukan lagi ikut arus fenomena pencitraan
Tapi ternyata banyak tanggapan miring dan negatif mengenai gayaku bekerja turun ke jalan
Toh positifnya, metodeku ini segera ditiru para politisi lain yang hendak menuju ke senayan

Disini aku ga pake metode jual beli jabatan
Baik sebuah posisi lebih tinggi dari menteri ataupun lebih tinggi dari menara sutet yang sarat tegangan
Aku juga ga menjanjikan apa-apa untuk yang terus mendukungku tanpa lelah meski tanpa bayaran
Yang aku bisa janjikan hanya sebuah negara bersih di masa depan
Negara tanpa mafia dan tikus kabinet yang selalu berkeliaran

Fokus kerjaku cuman buat rakyat dan untuk rakyat
Meski capres sebelah fokus buat menambal kebocoran uang negara dan mencoba jadi juru selamat
Tapi tujuanku untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa sudah bulat
Tak perlu janji suntikan dana pembangunan miliaran dan kenaikan gaji berkali-kali lipat
Biar saja yang itu jatah bagi yang pintar mengumbar janji manis layaknya seorang malaikat
Toh apa gunanya kalo kemenangan hanya diraih hanya waktu sesi debat
Yang pentingku niatku tulus dan hasil kerjaku nyata dan bisa dilihat
Dan tolong kalo mau tepuk tangan tunggu sampai sang moderator menurunkan mandat

Ada yang sibuk menyebarkan tabloid dan surat kabar
Kampanye hitam sebagai bagian dari persaingan yang tak lagi segar
Aku rapopo yang penting di dalam hatiku merah putih terus berkibar
Mengobarkan semangat perjuangan tulus demi bangsa yang hampir jatuh terkapar
Tak perlu aku ikut-ikutan fitnah dan menyebarkan berita yang ga benar
Apalagi ikut-ikutan pakai lambang negara sebagai logo partai dengan sentuhan warna merah yang gahar
Logoku cuman tampang ndeso, wajah culun sedikit katro tapi semangat Garudaku selalu terus berkobar

Ada yang bilang cawapresku terlalu tua
Aku rapopo, yang penting biar pendampingku tua asalkan bijaksana
Daripada yang muda dan pinter ngomong tapi ubannya kemana-mana
Disertai jejak kekejaman dan kebengisan partnernya yang sudah hampir pasti hanya akan jadi mitos dan legenda

Ada yang bilang aku keturunan Singapura
Aku rapopo, orang anakku juga kuliah di negeri Singa
Mungkin karakterku yang menurun dari orang sana
Tegas, disiplin, tepat waktu, dan berwibawa
Serta istriku yang juga ikut nurun resep masakan kulinernya
Mulai dari rojak, chilli crab, kaya toast, chai tow kway, chee cheong fun, sampai katong laksa
Semua istriku sudah bisa

Ada yang bilang aku keturunan tionghoa
Aku rapopo, orang perkakas rumahku juga banyak tertulis made in china
Syukur-syukur ada yang nyebarin aku ini keturunan Amerika
Entah keturunan Indian Apache, Sioux, Cherokee, atau suku Indian Alaska
Siapa tau nanti suatu saat aku bisa gantiin Mas Obama

Ada yang bilang aku capres boneka
Aku rapopo yang penting bukan boneka voodoo dari Africa
Yang bakal menyakiti hati rakyat yang telah mempercayai pemimpin yang dipilihnya
Dan bukan juga boneka Chucky yang hobi meneror manusia
Tapi aku ini boneka Teddy Bear yang siap disayang lapisan masyarakat dan seluruh bangsa

Ada yang bilang agamaku bukan agama yang kuanut sekarang oleh oknum kelompok rahasia
Aku rapopo yang penting agamaku tidak melanggar Pancasila
Karena aku selalu menomorsatukan dan mendahulukan Bhinneka Tunggal Ika
Dan yang penting aku selalu menunaikan ibadahku tepat pada waktunya
Mau kamu agama Islam, Kristen, Katolik, Konghucu, Hindhu ataupun Buddha
Kita ini tetap saudara sebangsa, setanah air dan senegara
Mau kamu berbisik dalam doamu, Allahu Akbar, Om Swastiastu, Amitabha, ataupun Haleluya
Kita ini tetap satu kesatuan dalam bagian Negara Indonesia
Seperti Aku adalah bagian dari rakyat, dan rakyat adalah Kita

 

Merah Putih Butuh Jokowi !!! Salam dua JARI !!!

related posts:

Buku Puisi Konyol


Puisi Politik
Puisi Fenomena
Puisi Sejarah

%d bloggers like this: