Mutan Aneh Sungai Citarum

Mutan Aneh Sungai Citarum

Masuk rekor dunia
Tentu saja merupakan sebuah catatan yang luar biasa
Selain menjadi sebuah tolak ukur prestasi, juga mampu memberikan rasa bangga
Tapi ini penghargaan yang diberi agak bertolak belakang dari yang semestinya
Sungai Citarum dinobatkan sebagai sungai paling tercemar sejagat raya
Wah ini sih malapetaka

Sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat ini katanya jadi sumber air bagi lima juta nyawa
Tapi sangat kotor penuh sampah dan limbah-limbah yang menggila
Gimana tidak, ada sekitar ratusan pabrik berdiri di sekitar alirannya
Yang tentu saja kebanyakan dari mereka membuang limbah industri ke arah sungai tanpa berdosa
Meski di dalam fakta laporan, ditulis bahwa pembuangan limbah pabriknya sudah dikelola
Rupanya banyak yang memalsukan laporan aka semuanya hanya dusta
Apa perlu para pemilik pabrik tersebut dikumpulin rame-rame untuk dibina
Yang tentunya akan lebih tepat dan cepat mengena
Dibina, dididik dan diberi kursus akan sebuah pengolahan limbah yang baik di penjara

Para pelanggar sebetulnya sudah sering diperingatkan secara intensif
Dan paling banter paling diberi sanksi, yah elo tau lah disini paling cuman berupa sanksi administratif
Yang beginilah, yang bikin masyarakat jadi sangsi akan kekuatan hukum yang makin hari makin pasif
Harusnya segera ditindak para pencemar lingkungan yang penuh akal kreatif
Atau jangan-jangan memang dibelakang semua itu tersembunyi udang dibalik suatu motif
Ada backing pejabat yang melindungi tokoh-tokoh perusak lingkungan paling inspiratif
Atau Ada lembaran uang, yang bisa merubah semua bukti kejahatan jadi sebuah cerita fiktif
Sudah-sudah jangan coba-coba kamu jadi detektif

Tentu saja limbah yang dibuang merupakan limbah berbahaya
Banyak diketemukan bahan kimia logam berat, seperti merkuri dan berbagai macam senyawa kimia
Yang mana bahan-bahan kimia itu tentunya tak dapat diurai menurut sifatnya
Dan akan merusak rantai makanan, serta sangat membahayakan kesehatan manusia
Secara masih banyak masyarakat yang menggunakan air sungai citarum, untuk air minum, masak, mandi, cuci pakaian, dan cuci muka
Yang tentu saja bisa membuat hidup mereka tak lagi lama

Saat lagi sibuk-sibuknya membahas kasus limbah yang penuh intrik dan gelora
Tiba-tiba sungai citarum jadi tuan rumah kejuaraan dunia
Tentunya bukan kejuaraan membersihkan sungai yang bakal bikin gila
Ini kejuaraan dunia riverboarding yang pertama
Dengan berbagai peserta dari berbagai macam negara ikut andil dan turut serta
Meramaikan olahraga ekstrim di tempat paling ekstrim yang penuh legenda
Legenda sampah yang tak ada habisnya

Saking terkenal kotornya sungai citarum yang penuh prestasi
Banyak peserta yang saat itu juga langsung mengundurkan diri
Begitu mereka mengetahui informasi citarum dari Google tentang keadaan dan kondisi
Mungkin daripada sakit, mending mereka menyerah atas nama kesehatan dan masa depan yang tak pasti
Nah Loe !! Bule-bule aja pada ngeri

Tentu saja ada bagian sungai citarum yang bersih, dan itu yang dipilih sebagai lokasi
Dimana airnya relatif bersih dari sampah karena sudah banyak disaring pembangkit listrik tenaga air yang mandiri
Tapi apa daya para peserta sudah keburu lari
Karena citra buruk yang telah melekat dan membahana di luar negeri
Untunglah masih banyak juga peserta internasional lain yang masih nekat datang kemari
Mungkin mereka sudah bosan hidup atau mungkin sekalian uji nyali

Masyarakat sekitar memang banyak yang gak peduli
Malah mereka juga ikut menyumbang limbah rumah tangga dari minyak, sampah, sabun deterjen sampai sabun mandi
udah gitu orang-orang buang hajat juga ikut numpang disini
Mereka malah bilang limbah, sampah, kotoran itu malah bakal jadi vitamin penambah energi
Ya selama mereka belum sadar bahwa hari ajal mereka sudah sebentar lagi
Kalau mereka bisa bertahan pun takutnya bakal berubah jadi spesies baru seperti mutan aka bermutasi

Mending kalau mutan-nya kaya di film X-men yang malah jadi manusia super setelah berevolusi
Tentunya bakal sangat membantu dalam menumpas para pencemar limbah sungai citarum yang hobi bikin polusi
Udah gitu pelakunya selalu lolos dari jerat hukum meski sudah banyak bukti
Apalagi kalau berubah jadi wolverine, yang sudah pasti bakal jadi dambaan hati
Lha tapi kalau berubahnya jadi kaya Shrek, monster ogre dengan warna kulit hijau total mulai dari kepala sampai kaki
Yang meski lucu tapi udah terlalu jauh dari bentuk standar manusia bumi
Apa yang gitu ga bikin keki

 

related posts:

Buku Puisi Galau


Puisi Olahraga
Puisi Kriminal
Puisi Kebudayaan

%d bloggers like this: